MIN 1 Bantul Gelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional : Bersiap Menghadapi Tantangan Masa Depan

Bantul (MIN 1 Bantul) Hari Pendidikan Nasional, disingkat HARDIKNAS, adalah hari nasional yang bukan hari libur yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara, tokoh pelopor pendidikan di Indonesia dan pahlawan nasional yang dihormati sebagai bapak pendidikan nasional di Indonesia.

Sehubungan dengan Hari Raya Idulfitri 1443 H dan cuti bersama tahun 2022, maka  Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 pada tanggal 13 Mei 2022 (berdasarkan surat dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor : 28254/MPK/TU.02.03/2022)

Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei, bertepatan dengan hari ulang tahun Ki Hadjar Dewantara, pahlawan nasional yang dihormati sebagai bapak pendidikan nasional di Indonesia. Ki Hadjar Dewantara lahir dari keluarga kaya Indonesia selama era kolonialisme Belanda, ia dikenal karena berani menentang kebijakan pendidikan pemerintah Hindia Belanda pada masa itu, yang hanya memperbolehkan anak-anak kelahiran Belanda atau orang kaya yang bisa mengenyam bangku pendidikan. Hari nasional ini ditetapkan melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

Pada kesempatan ini MIN 1 Bantul turut berpartisipasi dalam peringatan hardiknas dengan melaksanakan Upacara Bendera peringatan hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 yang di gelar di halaman MIN 1 Bantul Jum’at, 13 Mei 2022 yang di ikuti oleh 46 pegawai dan 650 siswa yang terbagi menjadi 2 titik upacara di kampus 1 dan kampus 2 dengan petugas upacara kampus 1 : Pembina (Muhammad Zuhri, S.Ag) Pemimpin Upacara (Achmad Fadhil Firmansyah, S.Fil.I)Doa (Anis Muhammad Nurhodayat, S.Pd.I) UUD ( Nety Ardianti, S.Pd) Pembawa Acara (Try Sumiati, S.Pd.I) dan petugas Kampus 2 Pembina (Slamet Waridah, S.Pd) Pemimpin Upacara (Zuhdi, S.Pd) Doa (Widodo, S.Pd.I) UUD (Uswatun Khasanah, S.Pd) Pembawa Acara ( Siti Sofiah Soleh, S.Pd.I) Upacara berlangsung berlangsung khidmat mulai pukul 7.30 s.d. 08.00.

Dalam amanat pembina upacara, berpesan agar peserta didik bersiap untuk menghadapi tantangan di masa yang akan dating. “Jadikan merdeka belajar ini sebagai salah satu cara untuk bersiap menghadapi tantangan masa depan, untuk itu peserta didik harus benar-benar siap menghadapinya.tanpa meninggalkan apa yang sudah menjadi pembeda siswa madrasah” ujar kepala madrasah (Muhammad Zuhri, S.Ag). Kegiatan upacara bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional diakhiri dengan doa bersama. Peserta didik diimbau  langsung masuk ke kelas masing-masing secara rapi bergantian untuk mengikuti kegiatan pembelajaran seperti biasanya. (/tcm;)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top