Semarak 10 Muharam 1444 H, MIN 1 Bantul Gelar Santunan Anak Yatim

Bantul (MIN 1 Bantul) Bagi orang islam, bulan Muharram merupakan salah satu bulan istimewa dan termasuk salah satu bulan yang penuh momentum mulia karena menjadi bulan pembuka tahun baru. Banyak amalan-amalan soleh yang memiliki nilai pahala tinggi yang bisa dilakukan di bulan Muharram. Yang paling familiar terdengar di telinga kita tentunya adalah amalan puasa Tasua dan Asyura di tanggal 9 dan 10 Muharram. Namun tak hanya itu saja amalan yang bisa dilakukan di bulan Muharram. Amalan yang tak kalah penting dilakukan adalah menyantuni anak yatim piatu.

Acara semarak Muharram dilaksanakan pada Senin (8/8) yang digabungkan dengan kegiatan rutin setiap senin pagi yaitu upacara bendera. Upacara bendera laksanakan seperti hari biasanya, akan tetapi upacara bendera kali ini berbeda dengan biasanya dikarenakan seluruh siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bantul baik kampus 1 dan kampus 2 dijadikan 1 untuk turut menyasikkan acara semarak muharam. Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bantul, Muhammad Zuhri, S.Ag dalam sambutanya menyampaikan bahwa “dengan masuknya bulan Muharam ini harapanya perlu ditanamkan amal kebaikan dan mengawali tahun baru hijriyah dengan berdoa agar senantiasa mendapatkan barokah dari Allah SWT”.

 

Usai upacara bendera selesai, acara dilanjutkan dengan acara inti semarak muharam dengan memberikan santunan anak yatim. Adapun jumlah penerima santunan anak yatim tahun ini berjumlah 10 orang yang berasal dari siswa/siswi MIN 1 Bantul. Santunan pertama diawali oleh komite madrasah dalam bentuk bingkisan dan uang yang di sampaikan oleh ketua patembayan (miftahul huda), dilanjut dengan pemberian santunan mandiri oleh kepala madrasah MIN 1 Bantul  kepada seluruh anak yatim dan dilanjutkan oleh bapak/ibu guru karyawan yang turut berpartisipasi dalam memberikan santunan anak yatim. Dalam proses pemberian santunan anak yatim, tak lupa semuanya bersalaman dan mengusap kepala anak yatim dan selama proses pemberian santunan di iringi pembacaan shalawat seluruh siswa dan guru karyawan MIN 1 Bantul.

Acara berlangsung mulai pukul 07.00 s.d. 08.00 dengan berjalan lancar sesuai rencana dan dilanjutkan dengan KBM seperti biasa. “Tidak lupa kami mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kami sampaikan kepada bapak/ibu keluarga besar Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bantul yang telah berpartisipasi dalam acara semarak muharam (santunan anak yatim), teriring doa semoga Allah SWT membalas dengan balasan yang lebih baik dan akan mendapatkan pahala selalu mengalir walau kita sudah meninggal dunia kelak. Aamiin” pungkasnya Muhammad Zuhri. (adb)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top