MIN 1 BANTUL Kembali Menjadi Piloting Uji Validasi Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia AKMI Tahun 2022

Bantul (MIN 1 Bantul) Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia, disingkat AKMI adalah asesmen yang dilakukan pada siswa madrasah sebagai metode penilaian yang komprehensif untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya termasuk survei karakter. Hasil asesmen dapat digunakan oleh guru dan madrasah untuk memperbaiki layanan pendidikan yang dibutuhkan siswa sebagai dasar untuk menyusun suatu rancangan pembelajaran. Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) merupakan penilaian kompetensi mendasar terhadap seluruh murid sebagai alat ukur untuk mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. AKMI mengukur tingkat literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains, dan literasi sosial budaya siswa kelas 5 untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Dalam kesempatan ini Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bantul kembali ditunjuk oleh Kanwil Kemenag D.I.Yogyakarta sebagai Piloting Uji Validasi Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Tahun 2022 yang kedua kalinya, bahwa kegiatan simulasi ini ditujukan untuk mencoba sistem dan kesiapan pelaksanaan AKMI yang nantinya adakan dijadikan tolak ukur kemampuan siswa dalam bidang literasi dan numerasi. Dalam pelaksanaan Uji Validasi Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Tahun 2022, MIN 1 Bantul mendapatkan jadwa Periode 4 pada hari rabu-kamis (24-25/08/2022). Peserta uji validasi Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Tahun 2022 di ikuti oleh 110 siswa terdiri dari 2 sesi yang berlangsung mulai pukul 07.30 s.d. 13.30 WIB.

“Dalam mengerjakan uji validasi Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI), silahkan dikerjakan dengan teliti, tenang dan tidak terburu-buru. Selamat mengerjakan semoga mendapatkan hasil yang terbaik” Ujar Muhammad Zuhri selaku kepada madrasah MIN 1 Bantul saat melakukan monitoring AKMI di 3 ruang berlangsung. Dalam pelaksanaan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia seluruh siswa didampingi oleh 3 pengawas terdiri Yeti Maulana, Try Sumiyati dan Rr. Fatkhulia Ayu Rinenty dan 2 proktor Adib Hasbullah dan Achmad Fadhil Firmansyah yang mendampingi kegiatan tersebut dari awal hingga selesai. (adb)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top